Psikologi pendidikan
Johann Herbart (1776-1841) dianggap sebagai “bapak psikologi pendidikan”.
la menyoroti pentingnya minat siswa dan perangkat mental yang telah ada ketika menyajikan materi baru. Meskipun ada beberapa tokoh lain yang juga berperan penting dalam sejarah psikologi pendidikan seperti William James, John Dewey, dan Edward Thorndike, Herbart sering dianggap sebagai pendiri awal disiplin ini.
Penjelasan Lebih Lanjut:
Johann Herbart:
Herbart adalah tokoh utama dalam pengembangan psikologi pendidikan. la percaya bahwa pembelajaran dipengaruhi oleh minat siswa dan bagaimana materi baru disajikan berkaitan dengan apa yang sudah mereka ketahui.
William James:
James adalah tokoh penting dalam psikologi secara umum, tetapi juga memberikan kontribusi pada psikologi pendidikan. la berpendapat bahwa psikologi pendidikan memiliki peran penting dalam mengarahkan perilaku dan kebiasaan hasil belajar.
John Dewey:
Dewey adalah seorang filsuf dan pendidik yang juga berpengaruh dalam psikologi pendidikan. la menyoroti pentingnya pembelajaran melalui pengalaman nyata dan keterlibatan siswa.
Edward Thorndike:
Thorndike dikenal karena teorinya tentang pembelajaran melalui asosiasi dan hukum efek. Teorinya memberikan dasar penting untuk pemahaman tentang bagaimana siswa belajar.
Kesimpulan:
Johann Herbart, meskipun tokoh lain seperti William James, John Dewey, dan Edward Thorndike juga penting, sering dianggap sebagai “bapak psikologi pendidikan” karena teorinya tentang pembelajaran dan hubungannya dengan minat siswa.
Tinggalkan Komentar